KAI Luncurkan KA Menoreh 2 Rute Semarang-Jakarta

Kompas.com - 19/08/2014, 12:59 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Jawa Tengah meluncurkan satu kereta api untuk rute Semarang Tawang-Jakarta Pasar Senen. Kereta yang diberi nama KA Menoreh 2 itu mengganti KA Fajar Utama.

Kepala Humas Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan, KA Menoreh 2 resmi diluncurkan pada hari ini, Senin (19/8/2014). Pergantian kereta beserta gerbong itu untuk proses peremajaan, agar bisa melayani pengguna jasa secara maksimal.

"KA Fajar Utama Semarang kelas bisnis dengan rute Semarang Tawang-Pasar Senen PP hari ini berganti nama menjadi KA Menoreh 2 yang menggunakan layanan rangkaian kereta kelas Ekonomi AC plus," kata dia di Semarang, Senin (19/8/2014).

Pergantian nama dan gerbong itu, sebutnya, masuk dalam proses peremajaan kereta dan menjadi bagian penting dari proses inovasi yang dilakukan PT KAI. KA Menoreh 2 ini terdiri dari tujuh gerbong kereta yang berkapasitas 528 penumpang. Kereta baru ini bisa menampung lebih banyak ketimpang kereta fajar utama.

"Kereta baru ini 18 persen lebih banyak dibandingkan kapasitas dari KA Fajar Utama. Gerbong keretanya ekonomi AC plus mampu menampung 80 penumpang per gerbong kereta. Kalau KA Fajar Utama hanya mengangkut 64 penumpang," tambahnya.

Menurut Suprapto, kereta baru ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, di antaranya toilet ramah lingkungan, tempat duduk yang relatif nyaman. Kereta juga dilengkapi dengan saklar listrik di masing-masing tempat duduk. Selain itu, inovasi baru KAI dengan informasi sistem running led dan menggunakan AC central dengan suhu yang bisa disesuaikan secara merata.

"Kami juga menyediakan tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas, yang kami tempatkan di gerbong paling depan," paparnya.

KA Menoreh 2 ini dijadwalkan tiap hari berangkat dari Stasiun Tawang Semarang pada pukul 08.00 WIB, dan tiba di Jakarta Pasar Senen pada pukul 14.17 WIB. Kereta ini juga berangkat dari arah Jakarta pada pukul 19.45 WIB dan sampai di Stasiun Semarang Tawang pukul 01.59 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.