Kompas.com - 26/08/2014, 14:38 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk terus menggenjot layanan pembiayaan perdagangan ekspor-impor (trade finance). Hingga Juni 2014, perseroan mencatatkan transaksi ekspor impor sebesar 60,6 miliar dollar AS. Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 59,8 miliar dollar AS.

Seiring dengan pencapaian itu, pangsa pasar transaksi ekspor-impor Bank Mandiri menjadi sebesar 33,93 persen. Senior Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans, menuturkan pencapaian Bank Mandiri di bidang trade finance tidak lepas dari dukungan bank koresponden yang berjumlah 1.264 bank hingga Juni 2014 yang menopang 2.087 jaringan kantor cabang dalam negeri dan tujuh kantor di luar negeri.

“Penguatan bisnis di sektor ini terus kami lakukan karena kami meyakini, selain dapat meningkatkan kinerja Bank Mandiri, trade finance juga dapat mendorong pertumbuhan perdagangan Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri yang pada akhirnya, dapat mengakselerasi perekonomian nasional,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (26/8/2014).

Guna memperkuat bisnis ini, perseroan juga memberikan solusi komprehensif agar setiap perusahaan dapat mengatur perputaran dana agar lebih efektif dan efisien. Solusi tersebut juga didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten di bidang trade finance serta sistem layanan elektronik terintergrasi.

Atas pencapaian dan solusi tersebut, Bank Mandiri pun didaulat sebagai The Best Trade Finance Bank in Indonesia dari publikasi internasional Alpha Souteast Asia dalam ajang Alpha Southeast Asia's 8th Annual Best Financial Institution Awards & Corporate Awards.

Atas pencapaian itu pula, Alpha Shouteast Asia juga menganugerahi Bank Mandiri sebagai Best Bank di Indonesia, Best Private Wealth Management Bank, Best FX Bank untuk korporasi dan institusi keuangan, Best CFO di Indonesia dan Asia Tenggara dan Most Organised IR.

”Raihan ini menjadi pemicu kami untuk dapat terus mengembangkan bisnis trade finance dengan mengoptimalkan peluang-perluang yang ada, agar dapat tumbuh ke arah yang jauh lebih baik secara berkelanjutan,” ujar Rico.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.