Berkat Internet, Bisnis Online Makin Meroket

Kompas.com - 26/08/2014, 23:06 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
EditorErlangga Djumena


KOMPAS.com -
Bisnis jual beli lewat internet (e-commerce) di Indonesia sedang marak-maraknya. Ini terlihat dari banyaknya pebisnis yang tertarik memasuki dunia bisnis online atau e-commerce. Tengok saja, sekarang banyak toko maya menjajakan barang dagangannya di internet.

Shinta Dhanuwardoyo, Direktur Utama PT Bubu Kreasi Perdana (bubu.com), perusahaan digital agency yang berpusat di Jakarta, menilai, peluang bisnis e-commerce saat ini sedang tumbuh baik.

Di tahun 2014, tren e-commerce yang sedang naik daun adalah di sektor fashion dan perjalanan. Ia menilai, saat ini banyak konsumen di Indonesia memilih belanja produk fashion lewat internet.

Dengan bantuan jasa logistik, barang yang dipesan lewat internet bisa dikirim hingga ke tempat yang jauh. Fenomena serupa juga merambah sektor perjalanan atau travel agent.

Ia menyebut beberapa situs agen perjalanan yang sukses di bisnis e-commerce, seperti traveloka.com, tiket.com, dan skyscanner.co.id.

"Peluang bisnis e-commerce makin terbuka seiring meningkatnya daya beli masyarakat, dan juga banyak perusahaan penerbangan yang menawarkan tiket murah," katanya.

Bubu.com sendiri merupakan pionir web developer di Indonesia. Sejak berdirinya sampai tahun ini, bubu.com  sudah merancang ratusan website yang berfungsi sebagai e-commerce.

Sebagai agensi digital, bubu.com menyediakan jasa penyusunan konsep kreatif hingga strategi pemasaran, seperti kampanye digital melalui berbagai bentuk media online.

"Bisnis e-commerce akan terus tumbuh dengan baik, dan saya optimistis e-commerce di bidang lain juga akan menyusul," kata dia.

Roland Pasky Selanno, pemilik mamaonstore.com,  situs jual beli barang bekas dan baru, pun melihat, prospek e-commerce masih menjanjikan karena cakupan pasarnya sangat luas.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X