Menperin: Penggabungan Dua KementerianButuh Waktu Setahun

Kompas.com - 27/08/2014, 02:05 WIB
MS Hidayat KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMS Hidayat
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana penggabungan Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Perdagangan yang akan dilakukan oleh pemerintahan mendatang ditanggapi santai oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Menurut dia, penggabungan dua kementerian tersebut bukan masalah besar. Digabung atau tidaknya tergantung apakah kedua menterinya kompak atau tidak. "Sama saja, buat saya yang penting menterinya bisa seiya sekata karena tidak ada industri yang berjalan sendiri," ujar MS Hidayat di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Dia menambahkan, sebenarnya ada satu hal yang harus diperhitungkan dalam penggabungan kedua kementerian itu yaitu peritungan dampaknya, apakah akan lebih positif atau negatif kepada kedua lembaga tersebut.

Namun, hidayat memiliki pendapat bahwa jika Indonesia ingin menjadi negara industri, maka sektor industri harus dijadikan andalan dalam pembangunan ekonomi nasional. Menurut dia, berdasarkan pengalamannya, penggabungan kementerian akan memakan waktu satu tahun untuk melakukan penyesuaian.

"Sebetulnya kalau mengikuti di luar negeri, counterpart kita, trade dan industri selalu jadi satu. Tapi, kalau dipisahkan dan antar menterinya cocok bisa satu program saling melengkapi seperti saat ini itu bisa berjalan," kata Hidayat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X