Newmont Cabut Gugatan Arbitrase, Menkeu Senang

Kompas.com - 27/08/2014, 13:37 WIB
Menkeu Chatib Basri KOMPAS.com/ Estu SuryowatiMenkeu Chatib Basri
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Newmont Nusa Tenggara mencabut gugatan arbitrase atas Indonesia. Menanggapi kabar tersebut Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengaku belum menerima surat resmi pencabutan gugatan.

"Masa? Saya belum tahu tuh. Nanti deh saya lihat. Saya belum terima suratnya. Alhamdulillah kalau benar begitu," kata dia kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2014).

Sebagai informasi, PT Newmont Nusa Tenggara dan pemegang saham mayoritasnya, Nusa Tenggara Partnership B.V (berbadan hukum Belanda) menggugat pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional terkait larangan ekspor mineral.

Kebijakan yang mulai berlaku 12 Januari 2014 tersebut mengakibatkan dihentikannya kegitan produksi di tambang Batu Hijau dan dinilai menimbulkan kerugian ekonomi bagi karyawan, kontraktor, dan para pemangku kepentingan.

Pemerintah Indonesia menilai gugatan Newmont tidak etis di tengah proses renegosiasi kontrak. Pemerintah menjelaskan masih ada ruang untuk kembali berunding. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, menyatakan dengan tegas, Newmont harus mencabut gugatan arbitrase terlebih dahulu jika masih ingin beroperasi di Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X