Kompas.com - 28/08/2014, 00:53 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan perbankan menyatakan pemerintahan baru yang dipimpin Joko Widodo dan Jusuf Kalla memiliki beberapa tantangan yang harus diselesaikan.

Menurut Citi Country Officer Indonesia Tigor M Siahaan, beberapa pekerjaan rumah tersebut harus dilakukan Jokowi-JK bersama personel kabinet yang dipilih. Hal pertama yang harus dilakukan menurut Tigor adalah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Tigor mengungkapkan seharusnya upaya menaikkan harga BBM telah dilakukan sejak lama.

"Aksi spesifik adalah menaikkan harga BBM. Harusnya dilakukan sejak kemarin. Ini (kebijakan menaikkan harga BBM) adalah sinyal jelas bahwa pemerintah serius (mengalihkan anggaran subsidi BBM) dan ingin investasi di yang lain," kata Tigor di Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Menurut Tigor, Jokowi sebagai "nahkoda" pemerintahan baru tidak bisa sendirian dalam menjawab berbagai tantangan yang harus dihadapi. Ia membutuhkan orang-orang yang tepat dalam bekerja selama 5 tahun ke depan.

"Jokowi tidak bisa sendirian. Ia butuh orang-orang yang tepat, profesional. Posisi menteri energi, menteri keuangan, menteri koordinator, dan menteri pertanian adalah posisi kunci di pemerintahan," jelas dia.

Oleh karenanya, ia mengharapkan posisi-posisi tersebut dan posisi lainnya di kabinet Jokowi dapat diisi oleh profesional. "Atau setidaknya orang-orang kompeten dari partai-partai. Kita tunggu bagaimana komposisinya. Ini bisa menjadi legacy bagi Jokowi," ungkap Tigor.

Selain itu, Tigor memandang pemerintahan baru sebaiknya dapat menciptakan konektivitas di antara kementerian-kementerian. Di samping itu, harus juga diciptakan koordinasi antar kementerian dengan baik. "Sekarang ini kan banyak disconnects di antara kementerian-kementerian," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.