Ketua APINDO: Jokowi Akan Naikan Harga BBM Rp 3.000 per Liter

Kompas.com - 28/08/2014, 18:57 WIB
Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014). Kelangkaan BBM mulai muncul di beberapa daerah menyusul wacana kenaikan harga BBM karena komsumsi BBM melebihi batas maksimal 46 juta kiloliter. AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKAPengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014). Kelangkaan BBM mulai muncul di beberapa daerah menyusul wacana kenaikan harga BBM karena komsumsi BBM melebihi batas maksimal 46 juta kiloliter.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi mengaku sudah dibisiki informasi penting dari salah satu tim transisi Jokowi-JK mengenai besaran kenaikan harga BBM bersubsidi setelah pemerintahan Jokowi-JK terbentuk nanti.

Dia mengatakan bahwa harga BBM akan naik Rp 3.000 per liter. "Pasti dinaikkan di pemerintahan Jokowi-JK, kan Andy Wijayanto (deputi tim transisi Jokowi-JK) kemarin bilang akan ada kenaikan Rp 3000," ujar Sofjan Wanandi di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Dia menjelaskan, keputusan kenaikan Rp3.000 pada pemerintahan mendatang sudah dipertimbangkan setelah pemerintahan SBY tidak mau mengambil keputusan tersebut.

Bahkan Sofyan juga mengatakan, sebenarnya pengkajian kenaikan BBM sudah dilakukan dari lima tahun lalu. Namun, karena presiden SBY tidak mau mengambil risiko, maka kebijakan itu tidak pernah diambil. "Kan pemerintahan SBY tidak mau naikkan harga, mungkin dia cari popularitas kali," kata dia.

Sebelumnya, isu kenaikan harga BBM mencuat setelah Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan bahwa pemerintahan SBY bisa menaikkan harga BBM jika didukung oleh presiden terpilih Joko Widodo.

Bahkan, Hidayat juga mengungkapkan bahwa bisa saja nanti kenaikan harga BBM diumumkan oleh Presiden SBY dan presiden terpilih Jokowi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X