Mau Berbisnis? Silakan Coba Budidaya Lele

Kompas.com - 31/08/2014, 13:03 WIB
Ilustrasi peternak ikan lele KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTAIlustrasi peternak ikan lele
EditorErlangga Djumena


KOMPAS.com -
Bagi anda yang masih bingung bidang yang akan dilakoni saat mau berbisnis, bisa melirik usaha budidaya lele. Karena kini budidaya lele semakin diminati masyarakat. Alasannya tentu saja karena merupakan salah satu bisnis menguntungkan.

Banyak keunggulan budidaya lele dibanding ikan air tawar lainnya, diantaranya lele lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu 3 bulan, lele sudah dapat dipasarkan.

Lele juga merupakan salah satu komoditas yang mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional. "Saat ini lele juga sudah di ekspor dalam bentuk fillet," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto.  

Lebih jauh Slamet mengatakan bahwa lele baik dari segi usaha budidaya maupun segi ikan lele itu sendiri memiliki banyak kelebihan. Dari segi usaha budidaya, lele dapat di budidayakan dengan mudah, dengan modal yang tidak terlalu besar dan juga dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah.

Lele juga merupakan sumber protein yang murah dan meriah karena dapat di olah dalam berbagai jenis makanan. Selain itu limbah olahan lele juga dapat dimanfaatkan juga baik sebagai kerupuk dan abon.

Budidaya lele, saat ini dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan lain oleh nelayan pada saat musim paceklik.

"Seperti yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan Kabupaten Gianyar, Bali. Nelayan melakukan usaha budidaya lele untuk menambah pendapatan selama nelayan tersebut tidak melaut," ujar Slamet. (Handoyo)



Sumber

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X