Kuartal II, Hasil Investasi Asuransi Jiwa Nasional Tembus Rp 20,78 Triliun

Kompas.com - 01/09/2014, 22:19 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan pertumbuhan hasil investasi asuransi jiwa yang cukup pesat pada paruh pertama tahun ini. Tercatat, hasil investasi tumbuh hingga 75,8 persen menjadi Rp 20,78 triliun dari Rp 11,82 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

"Hasil investasi yang meningkat signifikan ini karena pasar modal Indonesia mulai membaik sesudah tahun lalu mengalami volatilitas yang cukup tajam," kata Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim dalam pernyataan resmi, Senin (1/9/2014).

Adapun total investasi industri asuransi jiwa meningkat sebesar 12,7 persen. Total investasi pada kuartal pertama 2014 mencapai Rp 264,97 triliun dari Rp 235,18 pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Portofolio investasi dibanding tahun sebelumnya tidak jauh berbeda. Alokasi ke reksadana masih terbesar hingga 30 persen, diikuti saham 29 persen, obligasi 23,8 persen, deposito 14,7 persen," ungkap Hendrisman.

Hasil investasi ini cukup mendorong total pendapatan industri asuransi jiwa di level positif, kendati total pendapatan premi sedikit dibawah pencapaian tahun lalu. Pada kuartal kedua tahun 2014 total pendapatan industri mengalami kenaikan sebesar 11,5 persen menjadi Rp 76,60 triliun.

"Pertumbuhan ini didorong pengelolaan bisnis para anggota kami yang baik dan peningkatan signifikan hasil investasi industri asuransi jiwa," ujar Hendrisman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.