Bank Mandiri Turunkan Suku Bunga Deposito

Kompas.com - 03/09/2014, 18:42 WIB
Ilustrasi: Pelayanan nasabah di Plaza Bank Mandiri, Jakarta. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi: Pelayanan nasabah di Plaza Bank Mandiri, Jakarta.
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menurunkan suku bunga depositonya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,0 persen pada September 2014. Langkah ini ditempuh karena perseroan sudah mencapai kondisi likuiditas yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan kredit dan aset produktif sesuai target tahun ini.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, kondisi likuiditas di pasar uang Rupiah pun semakin longgar pasca-Lebaran 2014. Jika Bank Mandiri mempertahankan suku bunga depositonya, maka bank tersebut malah akan memiliki beban bunga yang cukup besar.

"Kami akan memiliki beban bunga yang cukup besar jika mempertahankan suku bunga tetap tinggi. Selain itu, suku bunga tinggi juga akan membuat persaingan dana perbankan semakin ketat," ujar Budi, dalam keterangan pers Rabu (3/9/2014).

Penurunan suku bunga ini juga diharapkan mendorong penurunan bunga kredit. Menurut Budi, perbankan bisa menurunkan risiko kredit, memperkuat fungsi intermediasi untuk mendukung pembangunan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam siaran pers tersebut juga disebutkan, perolehan dana pihak ketiga (DPK) rupiah dan valas dari deposito berkontribusi sekitar 36,11 persen dari total DPK senilai Rp501,34 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X