Kompas.com - 04/09/2014, 09:34 WIB
Rona Mentari saat mendongeng Sydney International Storytelling Conference 2014. dok. pribadiRona Mentari saat mendongeng Sydney International Storytelling Conference 2014.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan semakin menjadi kebutuhan primer bagi manusia, terutama anak-anak. Dewasa ini, selain mengikuti pendidikan formal di institusi pendidikan, anak-anak dirasa perlu untuk juga diajak terlibat dalam pendidikan alternatif yang mendorong ke arah pengembangan kreativitas dan pembangunan karakter (character building).

Dongeng merupakan cara efektif untuk mendidik dan menginspirasi. Melalui dongeng, banyak pesan-pesan moral dan nilai-nilai sosial tersampaikan secara menarik sehingga lebih mudah tertanam pada diri sang anak.

Dongeng menjadi media dan cara yang dilakukan nenek moyang kita untuk mentransfer beragam hal positif kepada generasi penerus: pengetahuan, motivasi, pesan moral, nilai sosial, hingga kearifan lokal.

Kompas Gramedia mengadakan program sosial untuk anak-anak yang diberi nama Kompas Gramedia (KG) Mendongeng. Salah satu aplikasi program Corporate Social Responsibility (CSR) KG ini mengusung spirit sosial edukatif untuk membangun karakter anak-anak agar menjadi lebih cerdas, kreatif dan senantiasa berpegang pada nilai-nilai sosial.

“Sejalan dengan tagline Kompas Gramedia, Enlightening People, KG Mendongeng  diharapkan bisa menjadi media pembelajaran dan pencerdasan, dalam hal ini bagi anak-anak. Selain itu, juga merupakan upaya pemeliharaan tradisi mendongeng Nusantara agar kultur cerita bertutur ini senantiasa lestari adanya,” kata CSR Officer Kompas Gramedia Teguh Azmi Pamungkas dalam keterangan resmi, Rabu (3/9/2014).

KG Mendongeng diadakan secara berkelanjutan oleh CSR Kompas Gramedia. Salah satu kegiatannya digelar pada hari ini di Rumah Kreasi Kompas Gramedia yang berada di wilayah Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sekira 60 anak-anak warga Geloran dan sekitarnya mengikuti kegiatan ini.

Mereka tampak antusias menyimak dan bahkan berpartisipasi ke panggung bersama Rona Mentari yang jadi pendongengnya. Rona Mentari adalah pendongeng nasional yang juga pendiri Rumah Dongeng Mentari (RDM). Setelah mewakili Indonesia di Sydney International Story Telling Conference 2014, belum lama ini Rona juga menjadi salah satu pendiri channel edukatif Dongeng.TV yang menayangkan dongeng-dongeng Nusantara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X