Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Gramedia Gelar KG Mendongeng

Kompas.com - 04/09/2014, 09:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan semakin menjadi kebutuhan primer bagi manusia, terutama anak-anak. Dewasa ini, selain mengikuti pendidikan formal di institusi pendidikan, anak-anak dirasa perlu untuk juga diajak terlibat dalam pendidikan alternatif yang mendorong ke arah pengembangan kreativitas dan pembangunan karakter (character building).

Dongeng merupakan cara efektif untuk mendidik dan menginspirasi. Melalui dongeng, banyak pesan-pesan moral dan nilai-nilai sosial tersampaikan secara menarik sehingga lebih mudah tertanam pada diri sang anak.

Dongeng menjadi media dan cara yang dilakukan nenek moyang kita untuk mentransfer beragam hal positif kepada generasi penerus: pengetahuan, motivasi, pesan moral, nilai sosial, hingga kearifan lokal.

Kompas Gramedia mengadakan program sosial untuk anak-anak yang diberi nama Kompas Gramedia (KG) Mendongeng. Salah satu aplikasi program Corporate Social Responsibility (CSR) KG ini mengusung spirit sosial edukatif untuk membangun karakter anak-anak agar menjadi lebih cerdas, kreatif dan senantiasa berpegang pada nilai-nilai sosial.

“Sejalan dengan tagline Kompas Gramedia, Enlightening People, KG Mendongeng  diharapkan bisa menjadi media pembelajaran dan pencerdasan, dalam hal ini bagi anak-anak. Selain itu, juga merupakan upaya pemeliharaan tradisi mendongeng Nusantara agar kultur cerita bertutur ini senantiasa lestari adanya,” kata CSR Officer Kompas Gramedia Teguh Azmi Pamungkas dalam keterangan resmi, Rabu (3/9/2014).

KG Mendongeng diadakan secara berkelanjutan oleh CSR Kompas Gramedia. Salah satu kegiatannya digelar pada hari ini di Rumah Kreasi Kompas Gramedia yang berada di wilayah Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sekira 60 anak-anak warga Geloran dan sekitarnya mengikuti kegiatan ini.

Mereka tampak antusias menyimak dan bahkan berpartisipasi ke panggung bersama Rona Mentari yang jadi pendongengnya. Rona Mentari adalah pendongeng nasional yang juga pendiri Rumah Dongeng Mentari (RDM). Setelah mewakili Indonesia di Sydney International Story Telling Conference 2014, belum lama ini Rona juga menjadi salah satu pendiri channel edukatif Dongeng.TV yang menayangkan dongeng-dongeng Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com