Data Menjadi "Amunisi" Bagi Perusahaan Start-Up" Ini

Kompas.com - 04/09/2014, 10:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena

 


NEW YORK, KOMPAS.com -
Penguasaan data merupakan hal penting dalam memimpin sebuah usaha, meski usaha yang dimaksud cenderung berskala kecil. Dengan data, usaha bisa lebih untung. Data menjadi semacam "amunisi" bagi usaha kecil.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah perusahaan perintis (startup) asal New York, Amerika Serikat. Perusahaan bernama Warby Parker tersebut merupakan perusahaan perintis penyedia kacamata untuk anak muda. Warby Parker menggunakan data untuk memilih lokasi kantor cabangnya.

"Kami memulai dengan sebuah matriks seluruh kota di Amerika Serikat," ujar co-CEO Warby Parker, Dave Gilboa.

Menurut Gilboa, Warby Parker semula sekadar ingin memperbesar perusahaan dan memperluas jangkauannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan karyawan dan pintah ke kantor lain yang lebih besar di pusat kota New York. Namun, New York merupakan salah satu kota di dunia dengan biaya sewa, khususnya sewa kantor, dengan tarif termahal di dunia. Lebih hemat jika perusahaan ini membuka kantor lain, di kota berbeda.

Perusahaan tersebut mempertimbangkan data-data konvensional dan data non-konvensional untuk memilih lokasi kantor cabangnya. Data konvensional yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan di sebuah lokasi, biaya hidup di lokasi tersebut, jumlah persentase penduduk bergelar sarjana, dan jumlah penerbangan langsung dari kantor pusat Warby di New York.

Ada pula data non-konvensional. Seperti dikutip dalam Fast Company, data non-konvensional yang dimaksud adalah kemiripan kota-kota tujuan dengan New York. Gilboa dan rekannya, Neil Blumenthal, juga mendasarkan pilihannya pada kota yang paling familiar dengan karyawannya.

Berdasarkan data yang sudah terhimpun, Gilboa dan Blumenthal akhirnya memilih Nashville. Menurut mereka, Nashville mampu membangun hubungan paling kuat dengan kota New York.

Kota tersebut pun berhasil meyakinkan keduanya bahwa tampilan kota, kebiasaan, karakter penduduknya, dan berbagai latar belakang lain, berpotensi mendatangkan keuntungan bagi Warby Parker.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X