Bank Dunia: Indonesia Saksi dari Kekuatan Keterbukaan Informasi

Kompas.com - 05/09/2014, 13:41 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah pemerintah membuka keran informasi lewat situs Data.id merupakan langkah penting. Tidak hanya bagi akademisi, namun juga bagi pelaku ekonomi. Keterbukaan data bisa membangkitkan perekonomian nasional.

Keterbukaan data, menurut Senior Public Sector Specialist, Head of Public Sector Management and Governance Roster Bank Dunia, Bernard Myers bukan hal baru bagi Indonesia. Dalam penyelenggaraan Pemilu lalu, penduduk Indonesia sudah menunjukkan kesiapannya.

"Dalam banyak cara, Indonesia sudah menjadi saksi dari kekuatan open data. Contohnya, pada Pemilu yang lalu. Masyarakat bisa memonitor hasil secara langsung. Saya rasa, kita bisa dengan percaya diri mengungkapkan bahwa Indonesia sudah siap. Dengan keterbukaan data, Indonesia bisa mengembangkan penemuan sosial ekonomi," ujar Myers dalam peluncurkan "Portal Data Indonesia" di Jakarta, Jumat (15/9/2014).

Sumber informasi juga merupakan sumber kekuatan bagi pelaku ekonomi. Direktur Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Mardianto Jatna, mengungkapkan bahwa informasi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Karena dengan data dibuka, inovasi akan berjalan. Contohnya, ketika data dibuka, banyak aplikasi yang dibuat oleh startup. Mereka membuat aplikasi baru. Ketika aplikasi itu dibangun banyak dan bermanfaat, dia bisa ditaruh di Playstore atau di iStore. Ini akan menimbulkan wirausaha baru. Itu salah satunya," ujar Mardianto pada Kompas.com.

Selain itu, Mardianto juga menggarisbawahi bahwa keterbukaan informasi dan ketersediaan data untuk publik juga bisa membuat pemerintah lebih transparan. Di satu sisi, pemerintah bisa memonitor perusahaan swasta yang mangkir pajak. Di sisi lain, masyarakat bisa mengetahui kejanggalan data yang dipublikasikan oleh kementerian tertentu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X