INACA: Harga Avtur Naik, Harga Tiket Pesawat Ikut Naik

Kompas.com - 05/09/2014, 21:47 WIB
Airbus A320 milik Citilink DOK CITILINKAirbus A320 milik Citilink
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) memastikan akan menaikkan harga tiket pesawat jika harga avtur naik.

"Ya wajarlah kalau harga avtur naik maka harga tiket sudah pasti naik," ujar Ketua INACA Arif Wibowo di Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Menurut Arif, kenaikan harga tiket pesawat pasti akan memberatkan masyarakat. Namun, maskapai pun tidak bisa berbuat banyak karena kondisi penerbangan saat ini sudah sangat memberatkan.

Beberapa hal yang memberat tersebut adalah masih kenakannya pajak bea masuk komponen pesawat dan nilai tukar rupiah yang anjlok. Jika ditambah dengan kenaikan harga avtur, maka kata Arif pasti akan menambah beban biaya operasional maskapai.

"Ya ini kan PR kita semua bersama, jadi memang kita bisa lakukan ini menjadi PR kita untuk ke depan karena pelaku industri ini jugakan penopang ekonomi," kata dia.

"Jangan sampai juga pelaku ekonomi ini mengalami juga kesulitan yang sangat tinggi, padahal kita akan bersaing bebas dengan dunia internasional," tandas Arif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X