OJK: Tanpa Teknologi Informasi, Bank Tak Ada Apa-apanya

Kompas.com - 09/09/2014, 12:26 WIB
Ilustrasi. Mesin EDC, kartu ATM, dan uang elektronik. KOMPAS.com/PalupiIlustrasi. Mesin EDC, kartu ATM, dan uang elektronik.
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena

 


JAKARTA, KOMPAS.com -
Kepala Departeman Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK, Ganjar Mustika  menyatakan, industri perbankan tidak terlepas dari perkembangan dan kemajuan teknologi.  Bank tanpa teknologi informasi (IT) tidak akan ada apa-apanya.

"Pertama, tentunya bank tanpa IT itu nothing ya. Kemudian, yang kedua, dengan penggunaan IT ini, dia akan bisa menekan biaya, kemudian keamanan juga akan makin ditingkatkan," ujar Ganjar.

Seusai menyampaikan keynote speech-nya dalam IDC Financial Insights di Jakarta, Selasa (9/9/2014), Ganjar mengungkapkan bahwa penggunaan IT bisa menekan biaya sekaligus meningkatkan keamanan transaksi perbankan.

"Saya kira ini akan meningkatkan jasa atau produk yang bisa di-deliver oleh bank melalui channel yang tentunya baik itu channel melalui HP atau internet. Itu banyak devices yang bisa dipakai bank untuk melayani lebih baik lagi. Di samping itu juga untuk internal, untuk infrastruktur juga bisa meningkatkan efisiensi dan keamanan," ujar Ganjar.

Namun, Ganjar mengingatkan, agar bank bisa mengatur risiko yang akan timbul dengan kemudahan tersebut.

"Sebaliknya, bad news-nya, dia harus "me-manage risiko". Bank Indonesia sudah mengeluarkan peraturan risk management mengenai IT dan itu harus dipatuhi oleh semua dan intinya bahwa mereka harus me-mitigate semua risiko yang muncul dengan penggunaan IT," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.