Kompas.com - 10/09/2014, 12:00 WIB
Ilustrasi ATM KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi ATM
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com 
— Bersiaplah membayar ongkos lebih besar jika bertransaksi lintas bank menggunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pasalnya, per 1 Oktober nanti, provider jaringan ATM Prima, ATM Bersama, dan bank anggota sepakat mengerek tarif transaksi lintas bank di ATM.

Tiga jenis transaksi antar-bank rata-rata mengalami kenaikan tarif sebesar 50 persen. Hermawan Tjandra, SVP Marketing Rintis Sejahtera (ATM Prima), mengatakan, perubahan tarif sudah dibahas dengan bank anggota.

Alasan kenaikan tarif adalah peningkatan biaya operasional karena jaringan perbankan yang semakin luas. "Apalagi, terakhir kami menaikkan tarif itu pada tahun 2007. Padahal, kami terus meningkatkan sistem dan peranti lunak," terang Hermawan seperti dikutip Kontan, awal pekan ini.

Kompak, Lia Herlianawaty, Corporate Communications dan Legal Manager Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama), mengatakan, kenaikan tarif merupakan imbas dari kenaikan beban investasi dan beban operasional. "Kenaikan ini hasil masukan dari beberapa bank anggota," ujar Lia.

Berikut besaran tarif transaksi lintas bank di ATM:
1. Transfer: Rp 7.500, sebelumnya Rp 5.000
2. Cek saldo: Rp 4.000-Rp 4.500, sebelumnya Rp 2.000-Rp 3.000
3. Penarikan tunai: Rp 7.500-Rp 8.000, sebelumnya Rp 5.000

Sebagai informasi, jaringan ATM Bersama beranggotakan 82 bank, di antaranya, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Permata, dan Bank Danamon.

Adapun jaringan ATM Prima beranggotakan 57 bank, di antaranya BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga. (Dea Chadiza Syafina, Issa Almawadi, Nina Dwiantika)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.