Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Industri Makanan Paling Terkena Dampak Kenaikan Elpiji 12 Kg

Kompas.com - 10/09/2014, 18:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) memastikan, biaya industri akan naik seiring kenaikan harga elpiji 12 kg oleh Pertamina. Industri yang paling terasa terkena dampak dari kebijakan itu adalah industri makanan.

"Iya dong, akan terdampak, misalnya, industri makanan, restoran, kan banyak pakai elpiji," ujar Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di kantornya, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Meskipun demikian, kata dia, sektor industri akan mampu bertahan dari kenaikan harga elpiji 12 kg tersebut. Pasalnya, sektor industri adalah sektor yang fleksibel sehingga pasti melakukan penyesuaian terhadap harga produksi yang naik.

"Tentu ya biaya industri pasti naik. Akan tetapi, jika bisa dikelola secara baik, pasti industri bisa menyesuaikan," kata dia.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga gas elpiji ukuran 12 kg sebesar Rp 1.500 per kilogram atau sekitar Rp 18.000 per tabung. Menurut Direktur Pemasaran dan Bisnis Pertamina Hanung Budya, Pertamina menjamin kelancaran pasokan terhadap konsumen.

Pertamina mengharapkan masyarakat tidak panik menanggapi kenaikan harga elpiji 12 kilogram dengan panic buying atau melakukan pembelian panik atau khawatir elpiji 12 kilogram langka di pasaran. Sebab, Pertamina juga menjual elpiji di jalur distribusi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com