BPS: Petani Beralih Jadi Tukang Ojek

Kompas.com - 11/09/2014, 12:32 WIB
Ilustrasi tukang ojek KOMPAS.com / IRA RACHMAWATIIlustrasi tukang ojek
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa terjadi peralihan hampir 5 juta pekerja disektor pertanian ke berbagai sektor di antaranya menjadi tukang ojek dan supir taksi.

"Pindah ke sektor lain misalnya sektor informal maupun formal, bisa ke transpotasi ojek atau supir taksi. Nah, ini bisa sangat baik buat pemerintah, perpindahan ini kan harusnya ke formal yg harus dilakukan," ujar Ketua BPS Suryamin di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Suryamin menjelaskan, penurunan petani terjadi dari 31,2 juta menjadi 26 juta petani pada 10 tahun terakhir. Artinya terjadi penurunan hampir 5 juta petani. Faktor utama penurunannya, karena luas lahan yang digarap masih sangat kecil yaitu kurang dari setengah hektar.

Dengan luas lahan yang kecil, maka pendapatan petani pun relatif kecil. "Itu tidak menguntungkan karena lahan yang kurang dari setengah hektar, 5.000 meter, nah mereka beralih ke sektor lain," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X