5 Juta Petani "Hilang", Bagaimana Nasib Lahan Pertaniannya?

Kompas.com - 11/09/2014, 14:03 WIB
Ilustrasi petani k9-11Ilustrasi petani
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil sensus pertanian 2013 dan menyebukan bahwa terjadi penurunan 5 juta petani dalam 10 tahun terakhir. Sementara itu, lahan-lahan pertanian yang ditinggalkan belum diketahui nasibnya.

Ketua BPS Suryamin mengatakan, lahan pertanian yang ditinggalkan oleh petani memang belum diteliti. Namun, berdasarkan sensus pertanian 2013, lahan pertanian yang ditinggalkan diidentifikasi dijual ke petani yang lebih mapan.

"Ke mana lahan-lahannya, ini belum kami teliti apakah pindah dijual ke petani yang lebih mampu, kuat memiliki modal, atau kemana. Tapi terbukti dari penguasaan lahan dalam 10 tahun itu meningkat," ujar Suryamin di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Lebih lanjut, kata dia, realitas petani yang hilang dan pindah ke sektor lain adalah petani yang tidak memiliki banyak tanah. Luas lahannya menurut Suryamin di bawah setengah hektar. "Jadi berkurang petaninya yg menguasai lahannya sedikit," kata Suryamin.

Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan sensus pertanian yang dilakukan setiap 10 tahun terakhir (2003-2013). Dalam sensus tersebut diketahui bahwa terjadi peralihan hampir 5 juta pekerja disektor pertanian keberbagai sektor diantaranya menjadi tukang ojek dan supir taksi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X