Kompas.com - 12/09/2014, 02:02 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan terdapat dua perusahaan yang sedang dalam proses untuk melakukan penawaran umum perdana alias IPO (Initial Public Offering).

Kedua perusahaan tersebut adalah PT Blue Bird dan PT Karisma Aksara Mediatama. Dengan akan melantainya perusahaan taksi dan toko buku tersebut di Bursa Efek Indonesia, maka terhitung sejak Januari hingga September 2014, IPO didominasi oleh perusahaan skala menengah.

Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal IIB OJK Yunita Lindasari mengungkapkan, kedua perusahaan tersebut masih menunggu izin dari OJK untuk dapat melakukan IPO. Adapun total nilai kapitalisasi kedua perusahaan tersebut masing-masing sebesar Rp 53 miliar.

Yunita mengatakan, apabila Blue Bird dan Karisma mendapatkan izin efektif dari OJK, maka total perusahaan yang melakukan IPO terhitung mulai Januari sampai dengan 5 september 2014 mencapai 22 perusahaan.

"Target OJK hingga akhir tahun 2014 25 perusahaan. Sementara PT Bursa Efek Indonesia menargetkan 30 perusahaan melakukan IPO," kata Yunita di kantornya, Kamis (11/9/2014).

Sementara itu, untuk penawaran umum berkelanjutan (PUB), terdapat 3 perusahaan yang akan melakukan PUB dengan total nilai kapitalisasi sebesar Rp 1,7 triliun. Adapun untuk penawaran umum terbatas (PUT) sebanyak 3 perusahaan melakukan PUB dengan total nilai Rp 920 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.