Kompas.com - 12/09/2014, 07:29 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Selama ini perekonomian Indonesia berpusat pada pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadi tolak ukur dan target yang harus dicapai saat ini.

Namun menurut Ketua Dewan Pengarah Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Subroto, arah perekonomian Indonesia harus di balik.

Ia mengatakan, pemerintah harus menciptakan lapangan pekerjaan dan tingkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM). Dengan begitu maka dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi akan datang.

Subroto menjelaskan, pada periode 2014-2050 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Pada periode ini, jumlah penduduk usia produktif yaitu antara 16-50 tahun porsinya menjadi lebih besar.

Perhitungannya, 68 persen dari jumlah penduduk yaitu sekitar 168 juta adalah penduduk produktif. Ini adalah kekuatan yang harus dimanfaatkan. "Ini tugas pemerintahan yang akan datang untuk menggarap ini," ujar Subroto, Kamis (11/9/2014).

Apabila kekuatan penduduk produktif tersebut digalakkan, maka pertumbuhan tentu akan maksimal.

Menurut Subroto, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membantu usia produktif; yaitu dana, informasi, dan keahlian. Penduduk usia produktif masuk dalam unit-unit usaha. Saat ini unit usaha ada sekitar 56 juta.

Nah, dari 56 juta unit itu, sebanyak 55 juta unitnya adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Untuk itu unit UMKM ini adalah unit yang perlu digerakkan dan dibantu. Baik soal  sumber pendanaan, informasi, dan keahlian untuk bisa berkembang.

“Jika satu unit menghidupi empat orang, maka ada sekitar 220 juta masyarakat bisa memiliki lapangan pekerjaan,” katanya. (Margareta Engge Kharismawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.