KA Logistik Tambah Jumlah Relasi Angkutan Semen

Kompas.com - 12/09/2014, 14:50 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  Anak usaha PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Api Logistik (Kalog) terus melakukan ekspansi, yang salah satunya dengan penambahan relasi baru untuk angkutan semen dengan moda kereta api.

Penambahan relasi baru itu adalah rute Nambo (Bogor)- Semarang Poncol (SMC) dan Arjawinangun (Cirebon)-Semarang Poncol. Masing-masing rangkaian menarik 20 gerbong datar atau setara dengan 800 ton. 

Relasi baru Nambo-Semarang Poncol dimulai pada 8 September, sedangkan rangkaian Arjawinangun-Semarang Poncol (SMC) diberangkatkan perdana pada 10 September 2014.

Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Subakir mengatakan bahwa relasi Nambo-Semarang Poncol merupakan salah satu bentuk pengembangan angkutan semen yang tersedia, karena rangkaian gerbong datar diberangkatkan melalui 2 rangkaian terpisah, yang masing-masing terdiri dari 10 GD.

"Pengiriman ini merupakan salah satu bentuk inovasi, karena rangkaian ke Semarang Poncol diberangkatkan bersama dengan rangkaian angkutan semen relasi Nambo - Kalimas untuk menekan biaya operasional, yang mencakup biaya lokomotif, kru serta bahan bakar. Dengan
demikian, relasi Nambo-Kalimas masing-masing akan berangkat dengan formasi 30 gerbong datar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/9/2014).

Angkutan semen merupakan salah satu kontributor terbesar bagi pendapatan bisnis Kalog saat ini. Perseroan juga telah menyiapkan beragam peningkatan layanan serta kesiapan infrastruktur seperti penambahan relasi baru hingga pembangunan cement yard (terminal semen) dan pergudangan sementara yang terintegrasi dengan stasiun.

Hingga saat ini, Kalog telah menjalankan sembilan rangkaian KA Semen Tiga Roda produksi PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Sepanjang tahun lalu,

Kalog sepanjang tahun lalu telah mengangkut lebih dari 500.000 ton semen Tiga Roda, dan ditargetkan mampu mengangkut lebih dari 1 juta ton pada tahun ini.  Dalam waktu dekat, Kalog juga akan menjalankan satu rangkaian angkutan semen Tiga Roda relasi Nambo-Cisaat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X