Rencana Bandara Kualanamu jadi Bandara Transit Internasional Disambut Positif

Kompas.com - 13/09/2014, 02:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik rencana PT Angkasa Pura II yang akan menjadikan Bandara Kualanamu menjadi bandara transit internasional.

"Ya bagus itu. Itu kan rencana Angkasa Pura II," ujar Direktur Angkutan Udara Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Menurut dia, rencana menjadikan Kualanamu menjadi bandara transit internasional akan sangat menguntungkan Indonesia. Pasalnya, letak Bandara Kualanamu yang berada di utara Bandara Changi sangatlah strategis.

Namun saat ditanya apakah sudah ada pembicaraan dengan AP II, Djoko mengaku sampai saat ini belum ada pembicaraan. Dia malah menyerahkan keputusan tersebut ke AP II.

Sebelumnya, AP II berencana menjadikan Bandara Kualanamu Sumatera Utara sebagai bandara transit internasional. Dengan begitu maka Kualanamu akan menjadi pesaing Bandari Changi Singapura yang saat ini masih menjadi bandara transit di kawasan Asia Tenggara.

"Kita jadikan Kualanamu jadi transit penerbangan internasinal, seperti changi," ujar Direktur Keuangan AP II Lourensius Manurung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.