Perusahaan "Ngebet" Ekspor Batu Bara dari Indonesia

Kompas.com - 14/09/2014, 10:17 WIB
Ilustrasi tambang batu bara KOMPAS/DWI BAYU RADIUSIlustrasi tambang batu bara
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Mineral Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral R Sukyar mengatakan, sampai saat ini ada 137 perusahaan yang mengajukan persetujuan ekspor batu bara.

"Saat ini sudah ada 137 perusahaan mengajukan rekomendasi ekspor. Sejumlah 49 (nama perusahaan pemberi rekomendasi) sudah dikirim ke Kemendag," ujar Sukyar di kantornya, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, dari rekomendasi 49 perusahaan tersebut, 19 di antaranya adalah PKP2B yang tidak memiliki masalah terkait ekspor batu bara karena sudah memiliki kontrak dengan pemerintah.

Sementara itu, produksi batu bara sampai akhir Agustus lalu sudah mencapai 280 juta ton. Sementara itu, perencanaan produksi tahun ini adalah 400 juta ton. "Batas atas 420 juta ton, batas bawah 390 juta ton. Prediksi sekitar 400 juta ton. 280 juta ton kan sudah dua pertiga dari setahun, tinggal 4 bulan lagi capai 400 juta ton," kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X