Pemerintah Akan Gratiskan 93.323 Sambungan Listrik

Kompas.com - 17/09/2014, 18:20 WIB
Chairul Tanjung KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIChairul Tanjung
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Rancangan Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) merencanakan menyediakan sambungan gratis sebanyak 93.323 sambungan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim, Chairul Tanjung memaparkan beberapa isu dan sasaran strategis Kementerian ESDM dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Salah satu sasaran untuk peningkatan ketahanan energi adalah menggratiskan sambungan masyarakat. "Sambungan listrik gratis sebanyak 93.323 rumah tangga sasaran," kata dia.

Chairul mengatakan, selain sambungan gratis, sebagai peningkatan ketahanan energi, Kementerian ESDM merencanakan rasio elekttrifikasi 83,18 persen, serta pembangkit PLN dan IPP berkapasitas 2.761 megawatt.

Selain itu, ditargetkan pula jaringan transmisi sepanjang 519 KMS yang bersifat on going dan 76,8 KMS yang bersifat COD. Di sisi lain, ditargetkan gardu induk berkapasitas 2.680 MVA (on going), serta 480 MVA (COD).

"Jaringan distribusi ditargetkan 7141 KMS, sementara gardu distribusi 147,04 MVA," kata CT.

Dalam RKA K/L, Kementerian ESDM juga menyusun sasaran peningkatan ketahanan energi antara lain dengan menargetkan produksi minyak bumi 900 MBOPD, produksi gas bumi sebesar 1.248 MBOEPD, serta produksi 425 juta ton batubara.

"Alokasi gas domestik 50 persen, DMO batubara 103 juta ton, bauran energi baru dan terbarukan sebesar 6 persen," tandas Chairul.

Ketua Komisi VII DPR RI Milton Pakpahan menyatakan, komisi menyepakati RKA K/L Kementerian ESDM untuk pagu sementara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X