Jasa Marga Upayakan Transaksi Tol Bisa di Bawah 1 Detik

Kompas.com - 18/09/2014, 06:03 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol. KONTAN/MURADIIlustrasi Gerbang Tol.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyatakan tengah mengembangkan pass masuk tol elektronik alias e-toll pass terbaru. Dengan e-toll pass terbaru tersebut, maka diharapakan transaksi tol dapat dilakukan kurang dari 1 detik.

"Tuntutan di lapangan mengharuskan kami mencari inovasi transaksi lebih cepat, tanpa henti, tanpa harus melambatkan mobil. Kami sedang mengembangkan e-toll pass di bawah 1 detik," kata Direktur Operasional Jasa Marga Hasanudin, Rabu (17/9/2014).

Hasanudin mengungkapkan, transaksi di pintu tol secara manual membutuhkan waktu layanan 10 detik. Dengan Gerbang Tol Otomatis (GTO) menggunakan e-toll card, waktu layanan dapat dipangkas menjadi 5 hingga 6 detik.

Namun, meski dapat lebih cepat, antrean kendaraan masuk tetap saja panjang.  Adapun pilot project e-toll pass yang baru tersebut dilakukan di pintu tol Kalimalang 2.

Jasa Marga meminta bantuan kepada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk merancang sistem tersebut. "Kami meminta bantuan Telkom untuk merancang sistem. Saya yakin Telkom mampu menjawab tantangan ini. Transaksi akan hanya nol koma sekian detik dengan kecepatan mobil sekitar 40 kilometer," ujar Hasanudin.

Adapun progres proyek telah mencapai 75 persen. Diharapkan sistem dapat mulai terpasang pada akhir bulan ini. Kendaraan akan dilengkapi alat kecil untuk mendeteksi transaksi. Sehingga, transaksi tak perlu menggunakan kartu.

"Tapi cuma bisa untuk tol saja. Kalau buat belanja atau beli BBM juga itu membuat sistem menjadi lambat. Nanti akan terkoneksi rekening. Setiap lewat tol akan terdeteksi," sebut Hasanudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.