Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Lebih Relevan Dibangun di Sumatera

Kompas.com - 18/09/2014, 06:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah mengoperasikan kereta cepat Jakarta-Bandung menuai pro dan kontra di masyarakat. Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit, menilai, kereta cepat lebih baik dibangun di Sumatera dari pada di Jawa.

"Kalau kita berbicara jangka panjang maka speed rail lebih relevan di Sumatera dibanding di Jawa, karena Sumatera kan the next Jawa," ujar Danang setelah menghadiri konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Danang mengatakan, Sumatera akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun lagi. Sementara itu menurut dia, pembangunan kereta api cepat di Jawa sebenarnya hanya melepaskan beban Jakarta. Pasalnya, Jakarta sampai saat ini masih menjadi pusat ekonomi nasional.

Bisa saja kata dia, jika memang kereta cepat harus dibuat di Jawa. Dampak positifnya adalah akan terciptanya pusat-pusat ekonomi baru di kota-kota yang dilalui kereta cepat tersebut. Hal tersebut diyakini mampu mengurangi beban ekonomi ibu kota.

".. Maka kota-kota seperti Cirebon akan dicapai dalam 1 jam, itu akan menjadi kota baru. Kemudian mungkin Tegal-Pemalang. Dengan demikian akan menjadi pertumbuhan yang lebih adil ya di koridor itu," kata dia.

baca juga: Menhub: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jalan Terus!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com