Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ESDM: RI Akan Punya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Tahun 2030

Kompas.com - 18/09/2014, 17:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah memanfaatkan tenaga nuklir untuk pembangkit listrik sudah masuk dalam kebijakan energi nasional (KEN). Namun, realisasi pembangunannya baru akan dimulai pada 2030 nanti.

"Sementara ini, pemikiran-pemikiran kita berdasarkan berbagai pertimbangan teman-teman yang menyusun RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) itu, PLTN itu di tahun 2030," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Teguh Pamudji di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Dia menjelaskan, alasan pemerintah baru memanfaatkan tenaga nuklir pada tahun 2030 berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu aspek keselamatan, lingkungan, dan bahan baku nuklir itu sendiri.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Vietnam, Indonesia sudah tertinggal dalam pembangunan PLTN. Pasalnya, Vietnam sudah memulai membangun PLTN sejak 2 tahun lalu dengan menggandeng Jepang dan Rusia.

"Ya memang Vietnam sudah dulu, sementara kita secara regulasi harus kita siapkan dulu alas hukum terkait PLTN ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com