Kompas.com - 19/09/2014, 10:48 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NUSA DUA, KOMPAS.com - CEO AKQA Ajaz Ahmed menjadi pembicara kunci pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Bali Nusa Dua Convention Center.  Ajaz menyoroti tentang keberlangsungan eksistensi perusahaan startup.

Ajaz menjelaskan, bagaimana sebuah perusahaan startup dapat bertahan lama. Sebab, kecenderungan yang terjadi saat ini adalah perusahaan teknologi tersebut hanya berumur pendek.

"Tahun 1958, usia hidup perusahaan bisa mencapai 61 tahun. Hari ini, usia hidup perusahaan rata-rata 18 tahun. Perusahaan startup kecenderungannya tidak lebih dari 10 tahun. Ada yang "mati" setelah 3 tahun," kata Ajaz, Kamis (19/9/2014).

Menyoroti kondisi tersebut, Ajaz menyebut tentang kepemimpinan tanpa batas alias limitless leadership untuk menjaga eksistensi perusahaan startup. Ajaz menjelaskan, ada setidaknya enam komponen kekuatan dalam limitless leadership.

"6 kekuatan dalam kepemimpinan tanpa batas antara lain demokratisasi, penyederhanaan, revolusioner, organisir, otentifikasi, dan nilai," jelas Ajaz.

Dalam industri digital, Ajaz mengungkapkan, sebuah produk haruslah berguna dan menarik bagi pengguna. Dalam memproduksi atau memasarkan produk digital, ada hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Ini agar pengguna dapat memiliki hubungan dengan produk itu.

"Dunia (cara) bercerita dan naratif menjadi sangat klise. Seperti penulis besar, mereka memiliki kemampuan untuk ingin tahu dan melontarkan pertanyaan. Karakter brand besar adalah membedakan berbicara dengan berbincang. Mereka berbincang dengan audiens, bukan berbicara," sebut Ajaz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.