Kejar Target Lifting 2015, DEN Sarankan Pendalaman Sumur Tua

Kompas.com - 19/09/2014, 20:09 WIB
Ilustrasi: kegiatan eksploitasi migas shutterstockIlustrasi: kegiatan eksploitasi migas
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Energi Nasional (DEN) menilai target lifting (produksi) minyak bumi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, yang dipatok sebesar 900.000 barel per hari atau 900 MBOPD susah dicapai.

"Saya kira sulit dicapai. Sekarang saja, produksi (riil) 800 MBOPD susah. Mau naikkan lagi 100 MBOPD," kata Tumiran, anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari unsur akademisi, di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Kalaupun lapangan Cepu beroperasi, Tumiran menaksir butuh setahun hingga dua tahun hingga mencapai puncak produksi (peak), kecuali ada upaya percepatan. Pemerintah menyebut optimis, blok Cepu bisa mencapai peak produksi pada Agustus 2015.

Tumiran mengatakan, masih ada potensi sumber lain di luar lapangan Cepu. Masih ada sumur tua peninggalan Belanda. Namun, sumur-sumur tua tersebut perlu dilakukan mitigasi. "Apa memang sudah tidak ada lagi cadangan minyak di sana, atau masih ada?" lanjut dia.

"Sumur tua itu dulunya kan dibangun dengan teknologi sederhana sehingga hanya dangkal saja, perlu pendalaman lagi," imbuh Tumiran.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X