KSEI Kembangkan Infrastruktur Pengelolaan Investasi Terpadu

Kompas.com - 22/09/2014, 17:16 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan sistem pengelolaan investasi terpadu dengan Korea Securities Depository (KSD).

Penandatanganan MoU ini guna mengembangan Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu. Kebutuhan infrastruktur yang memadai sesuai tuntutan perkembangan dan pertumbuhan industri reksa dana di Indonesia diharapkan dapat dijawab.

Dengan infrastruktur yang akan dikembangan, diharapkan industri reksa dana dapat lebih cepat tumbuh dengan proses bisnis yang lebih efisien untuk para pelaku.

"Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu perlu dikembangkan di Indonesia karena di industri saat ini banyak proses dilakukan secara manual dan tidak terstandardisasi sehingga usaha untuk mengembangkan bisnis Reksa Dana otomatis berdampak pada peningkatan biaya sehingga tidak efisien," kata Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi dalam keterangan resmi, Senin (22/9/2014).

Saat ini para pelaku di industri reksa dana seperti agen penjual, manajer investasi, bank kustodian termasuk perusahaan efek masih saling terhubung dengan cara yang beragam, dengan sistem yang dikembangkan oleh masing-masing pelaku.

"Masih banyaknya proses yang manual dijalankan dan tidak adanya standard baku untuk berinteraksi antar pelaku tentunya menjadi kendala untuk mengembangkan pasar reksa dana karena proses menjadi tidak efisien dan menimbulkan biaya tinggi," ujar Heri.

Berdasarkan data OJK pada tanggal 16 September 2014, terdapat 822 produk reksa dana dengan jumlah total sekitar 129 miliar unit penyertaan reksa dana yang dikelola oleh 75 perusahaan Manajer Investasi.

"Jumlah tersebut dapat semakin meningkat apabila didukung infrastruktur yang memadai dan memberikan kemudahan bagi investor," sebut Heri.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X