Kompas.com - 23/09/2014, 12:25 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan rekomendasi izin ekspor bagi raksasa tambang PT Newmont Nusa Tenggara.

Pemerintah sebelumnya menegaskan, harus disetorkan uang jaminan pembangunan smelter terlebih dahulu sebelum rekomendasi ini keluar. Lalu, sudahkan Newmont menyetor uang jaminan smelter?

Direktur Jenderal (Dirjen) Mineba, Kementerian ESDM, R Sukhyar menyatakan, Newmont belum menyetor uang jaminan smelter sebesar 25 juta dollar AS.

"Mereka bayarnya ya hari ini, 25 juta dollar AS," kata Sukhyar ditemui di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Lantas, apa alasan pemerintah memberikan rekomendasi kepada Newmont, sedangkan uang jaminan smelter belum disetor? Sukhyar membenarkan, sebenarnya percepatan tersebut atas inisiatif pemerintah.

"Sebenarnya kita yang minta. Setelah mereka signing MoU kan kendalanya kuota (belum disepakati). Nah ini masalah waktu juga. Toh belum eksppr ini. Kalau dia enggak bayar ke kita, kita bisa tahan kapalnya," kata Sukhyar.

Newmont mendapatkan izin ekspor sebanyak 350.000 ton untuk tiga tahun. Sukhyar menambahkan, hingga akhir Desember 2014, Newmont bisa mengekspor konsentrat sebanyak 160.000 ton. Sukhyar menuturkan, pengapalan biasanya bisa memakan waktu hingga dua pekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.