Tak Setor Uang Jaminan, Kapal Newmont untuk Ekspor akan Ditahan

Kompas.com - 23/09/2014, 12:55 WIB
Operasi penambangan tembaga dan sejumlah kecil emas PT Newmont Nusa Tenggara KOMPAS/ICHWAN SUSANTOOperasi penambangan tembaga dan sejumlah kecil emas PT Newmont Nusa Tenggara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan rekomendasi ekspor bagi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), sebesar 350.000 ton untuk jangka waktu pengiriman tiga tahun.

Namun demikian, Dirjen Minerba Kementerian ESDM, R Sukhyar menuturkan kapal Newmont bisa ditahan jika batal menyetor uang jaminan smelter sebesar 25 juta dollar AS. Rencananya, uang jaminan smelter akan disetorkan hari ini, Selasa (23/9/2014).

"Kalau dia (Newmont) enggak bayar ke kita, kita bisa tahan kapalnya," kata Sukhyar, ditemui di Wisma Antara, Jakarta.

Dia menambahkan, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu hingga dua pekan dalam proses pengapalan.

Sukhyar mengatakan, hingga akhir tahun 2014, NNT mendapatkan izin ekspor sebesar 160.000 ton. Adapun konsentrat yang dieskpor tersebut adalah stok yang ada di gudang, sejak NNT memutuskan menutup operasi tambang Batu Hijau dan merumahkan sekitar 8.000 karyawan.

Sukhyar mengatakan, sisa yang ada di gudang bisa diekspor pada tahun depan. Tentu, izin ekspor sebesar 350.000 untuk tiga tahun sangat sedikit jika dibandingkan dengan kapasitas produksi NNT yang tiap tahunnya mencapai 500.000 ton.

"Kalau mereka mau dapat rekomendasi ekspor lebih besar, tentunya harus merampungkan smelter mereka," tandas Sukhyar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X