Pendiri Alibaba Kini jadi Orang Terkaya di China

Kompas.com - 23/09/2014, 18:45 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS
EditorBambang Priyo Jatmiko

SHANGHAI, KOMPAS.com - Penawaran saham terbesar dalam sejarah telah ditorehkan Alibaba. Seiring dengan itu, pendiri perusahaan tersebut, Jack Ma, memiliki kekayaan sebesar 25 miliar dollar AS atau sekitar Rp 297 triliun.

Dengan kekayaan sebesar itu, Jack Ma menjadi orang terkaya di China. Berdirinya Alibaba tak lepas dari upaya Ma merayu beberapa temannya untuk menjadi investor, dengan menanamkan modal sebesar 60.000 dollar AS. Hal itu dilakukan setelah rencana tersebut ditolak oleh perusahaan modal ventura Amerika Serikat. Saat ini, nilai perusahaan telah melampaui lebih dari 200 miliar dollar AS, setelah melantai di New York Stock Exchange akhir pekan lalu.

"Tahun ini adalah tahun yang luar biasa bagi taipan China tersebut, meskipun ada kekhawatiran terhadap perekonomian negara tersebut," tulis majalah ekonomi Hurun Report dalam laporannya seperti yang dikutip AFP, Selasa (23/9/2014).

Ma meraup lebih dari 800 juta atau sekitar Rp 9,5 triliun dengan menjual sebagian sahamnya di Alibaba saat perusahaan tersebut IPO. Tahun lalu, mantan guru Bahasa Inggris itu diperkirakan memiliki kekayaan hingga 4 miliar dollar AS dan masuk ke dalam daftar 20 orang terkaya di China.

Ma berasal dari keluarga ekonomi lemah, dan bapaknya hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber AFP
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X