Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Tol Laut Jokowi Diprediksi Capai Rp 2.000 Triliun

Kompas.com - 24/09/2014, 05:09 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Infrastruktur, maritim, dan pangan rupanya menjadi agenda besar pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Salah satu indikasinya dari timing program dan anggaran yang diusulkan cukup fantastis.

Anggota tim transisi Dolfie OFP kepada wartawan menuturkan, maritim dan pangan menjadi prioritas yang akan dilaksanakan di tahun pertama pemerintahan Jokowi-JK.  "Tol laut akan menjadi prioritas," kata Dolfie, Selasa (23/9/2014).

Bahkan, tak tanggung-tanggung, Dolfie menyebut diperkirakan kebutuhan anggaran untuk membangun jembatan konektivitas maritim itu menyentuh Rp 2.000 triliun, yang akan dilakukan dalam skema tahun jamak selama 5 tahun.

Namun, berapa persisnya anggaran yang diperlukan untuk tol laut, Dolfie menegaskan menunggu hasil studi kelayakan yang rencananya juga akan dilakukan pada tahun pertama.

"Makanya tahun pertama kan FS-nya (feasibility study). Terus, pelabuhan mana saja yang mau dijadikan tol laut. Dari situlah baru ketahuan angka persisnya," tukas Dolfie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com