AirAsia Siap Satukan Airport Tax ke dalam Harga Tiket

Kompas.com - 24/09/2014, 19:55 WIB
Pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPesawat milik maskapai penerbangan AirAsia
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia mengaku siap menjalankan kebijakan penyatuan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax ke dalam harga tiket. Hal tersebut justru berbeda dengan keputusan maskapai BUMN Garuda Indonesia yang malah akan memisahkan PSC dari tiket pada 1 Oktober 2014.

"Sepanjang peraturan tersebut diberlakukan secara konsisten terhadap seluruh maskapai, maka kami siap," ujar Head of Corporate Secretary & Communication Indonesia AirAsia Audrey Progastama Petriny kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Menurut dia, AirAsia berpandangan bahwa penyatuan PSC ke dalam harga tiket akan sangat memudahkan penumpang. Pasalnya, penumpang tidak perlu lagi harus membayar PSC di bandara.

Sementara itu, mengenai skema penyetoran, Audrey mengatakan bahwa AirAsia juga siap dengan skema yang ada, yaitu penyetoran dalam waktu 1 x 24 jam. Dengan adanya penyeragaman tersebut, dia pun yakin masyarakat akan lebih mudah bepergian menggunakan pesawat.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menerbitkan Keputusan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara nomer KP. 447 tahun 2014 terkait penggabungan PSC ke dalam harga tiket. Namun, teknis pembayaran PSC belum dibahas oleh Kemenhub.

"Segera akan dibicarakan lagi teknis pelaksanaan tentang tata cara pembayaran PSC on tiket bersama-sama antara AP I, AP II dan Kemenhub serta airlines," kata Sekretaris AP II Daryanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X