Kompas.com - 25/09/2014, 09:01 WIB
Toko Buku Gramedia KONTAN/CHEPPY A MUCHLISToko Buku Gramedia
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
PT Gramedia Asri Media, operator toko buku Gramedia, mulai berbenah. Perusahaan ini berencana menata kembali konsep toko buku supaya lebih sesuai zaman dan menghadapi persaingan bisnis. Apalagi, pemilik jaringan toko buku terbesar di Indonesia ini masih berniat masuk bursa saham.

Gramedia menyiapkan dua konsep yang sama-sama mengedepankan kebutuhan hiburan. "Kini masyarakat pergi ke toko buku bukan  lagi sekadar membeli atau membaca buku, melainkan juga mencari hiburan," ujar Strategy Management Office Manager Gramedia Asri Media Yosef Adityo kepada KONTAN, Rabu (24/9/2014).

Detail konsepnya begini. Pertama, konsep Gramedia Experience Store. Konsep gerai ini diperuntukkan bagi gerai Gramedia yang ada di dalam pusat perbelanjaan.

Gramedia Experience Store akan menghadirkan Gramedia Teeny Teensy dan Gramedia Kids dalam satu lokasi. Di gerai yang berkonsep ini, Gramedia Asri akan membikin acara tiap pekan.

Acara yang diselenggarakan bisa saja tidak berkaitan langsung dengan dunia buku, misalnya acara memasak. Lewat event ini, Gramedia Asri menyasar pengunjung perempuan baik remaja maupun dewasa serta anak-anak.

Pada tahap awal, Gramedia Asri akan membuka Gramedia Experience Store di Central Park, Jakarta. Kalau tak ada aral, tahun depan pengunjung Gramedia sudah bisa mengikuti perhelatan memasak bersama di toko buku itu. 

Perbanyak gerai sendiri

Setelah Central Park, perusahaan toko buku yang berada di bawah bendera Grup Kompas-Gramedia ini berencana menerapkan konsep anyar itu di toko lain. Namun, dengan catatan, jika konsep itu nyata benar mendongkrak penjualan Gramedia.

Kedua, konsep Gramedia World. Berbeda dengan Gramedia Experience Store yang ada di dalam pusat perbelanjaan, konsep gerai ini akan diterapkan di gerai Gramedia yang berdiri sendiri alias stand alone.

Karena berdiri sendiri, Gramedia World tidak hanya berisi gerai Toko Buku Gramedia. Namun, Gramedia hadir bersama tenant lain seperti gerai-gerai makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X