Ini 3 Kandidat Calon Menteri ESDM Versi Pengamat

Kompas.com - 25/09/2014, 09:46 WIB
ilustrasi KompasTeknoilustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Pengamat Politik Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara menilai, dengan ditetapkannya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik sebagai tersangka oleh KPK  harus menjadikan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla ekstra hati-hati dalam memilih figur yang tepat pemimpin kementerian ESDM nantinya.

Ia menuturkan, presiden terpilih Jokowi sudah memastikan kabinet mendatang berisi 34 kementerian. Pucuk pimpinan kementerian terdiri dari 18 profesional nonpartai dan 16 profesional partai politik.

Jokowi juga menegaskan bahwa sejumlah kementerian strategis bakal dipimpin profesional non partai. Salah satunya adalah kementerian ESDM.

"Jokowi sendiri telah menyampaikan beberapa karakteristik dan indikator lain bagi seorang kandidat menteri ESDM, yaitu bukan wajah lama, berusia muda, punya integritas tinggi, bersih dari KKN, dan berlatar belakang pengusaha. Ada 3 calon kuat yang sangat layak, yaitu Kurtubi, Karen Agustiawan, dan Poltak Sitanggang," kata Igor di Jakarta, dalam keterangan persnya, Rabu (24/9/2014).

Menurut dia, kementerian ESDM dikenal ‘basah’ lantaran proyek-proyek di bawah Kementerian ESDM kebanyakan dibayar bukan dengan rupiah, tapi dalam dollar Amerika Serikat.

Apalagi seluruh industri migas ( minyak dan gas) serta minerba (mineral dan batu bara), dari hulu hingga hilir berada di bawah Kementerian ESDM.

"Jangan Lupa sekitar 30 persen pendapatan negara berasal dari industri migas yang notabene berada di bawah komando dari Menteri ESDM. Belum lagi kepentingan dari negara-negara kaya, seperti Jepang, Cina, Amerika Serikat terhadap kekayaan sumber daya energi di Indonesia," katanya.(Zulfikar)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X