Kompas.com - 25/09/2014, 13:29 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyatakan prospek investasi di Indonesia untuk tahun 2015 mendatang masih baik. Selain itu, kepercayaan bisnis di Indonesia pun masih diprediksi dalam kondisi baik.

"Driver tetap konsumsi, confidence tetap baik. Kita masih punya cukup room untuk konsumsi. Business confidence cukup naik. Tren manufacturing tetap membaik," kata Deputy Country Director ADB di Indonesia Edimon Ginting di Hotel Intercontinental Midplaza, Kamis (25/9/2014).

Menurut Edimon, investor asing pun masih cukup optimistis dengan potensi pertumbuhan Indonesia. Ia menyebut, terdapat sebuah survei terbaru yang dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan AS yang dipublikasikan beberapa minggu lalu.

Survei tersebut bertujuan mengetahui bagaimana outlook laba perusahaan-perusahaan mereka di ASEAN tahun 2014 dan 2015. "Mereka secara umum optimistis terhadap ASEAN. 63 persen percaya profit mereka akan naik di 2015. Profit mereka akan naik salah satunya mostly di Indonesia. Kalau expand, 41 persen menyatakan akan di Indonesia," ujar Edimon.

Menurut Edimon, kondisi tersebut merupakan suatu fakta yang bagus bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Itu story yang cukup positif, di tengah-tengah tidak banyak story positif (untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia)," kata dia.

ADB juga memproyeksikan investasi swasta akan membaik. Ini merupakan dampak dari sentimen positif yang muncul dari suksesnya pemilu dan harapan pemerintahan baru akan melakukan reformasi kebijakan.

"Pertumbuhan kredit investasi tetap tinggi sebesar 30 persen walau terjadi pengetatan kebijakan moneter," tulis ADB dalam Asian Development Outlook (ADO) 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.