Perusahaan Besar Diminta Berperan Aktif Bantu UKM Hadapi MEA

Kompas.com - 26/09/2014, 03:06 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah menginginkan perusahaan-perusahaan besar berperan aktif mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015. Pasalnya keterlibatan perusahaan besar saat ini dinilainya masih relatif kecil.

"Harusnya berperan besar, misalkan Indosat kan punya dua, satu dari sisi bisnisnya dia akan melihat pasarnya seperti apa, kalau dia melihat pasarnya bagus pasti akan mengambil keuntungan dari situ," ujar Euis di Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Kedua, menurut Euis, Perusahaan besar memiliki CSR yang langsung bisa berkaitan dengan UKM. Dari situ, menurut dia, CSR bisa melatih UKM diberbagai daerah sehingga bisa mampu lebih mengembangkan usahanya.

Selain itu, bekerjasama dengan perusahaan besar akan sangat bisa membantu UKM. Bukan hanya dalam negeri, tetapi juga bisa membantu UKM Indonesia untuk bisa memberikan informasi mengenai pasar yang tetap dinegara-negara ASEAN.

"Indosat juga bisa bermitra dengan 10 negara ASEAN lain, dengan begitu Indosat bisa memberikan informasi trend dinegara ini apa sih, yang ini apa sih , terus apa saja sih aturannya, kan jadi bisa diketahui lewat genggaman handphone," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.