Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Muda, Beranilah Ambil Risiko!

Kompas.com - 27/09/2014, 23:45 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi yang mulai dilakukan seseorang pada usia muda seharusnya memang penuh risiko dan menjanjikan imbal balik yang besar. Hal ini disampaikan Perencana Keuangan Independen dari Finansia Consulting, Eko Endarto, di acara Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2014, Sabtu (27/9/2014).

Menurut Eko, selagi muda, jangan membuang waktu pada investasi yang aman, namun memiliki return rendah. Eko yakin, anak muda pasti bisa meng-handle risiko kesalahan atau kerugian dari investasi.

"Paling gampang profil risiko dilihat dari usia. Makin muda, ambil yang risikonya tinggi, returnnya tinggi. Kalau produk itu hasilnya tidak bagus, kalau pun rugi, masih bisa bekerja untuk menggantinya," ujar Eko.

Namun, Eko tidak menyarankan para investor, khususnya investor pemula yang berusia lebih tua mengambil risiko serupa. Menurut Eko, seharusnya golongan yang satu ini tidak lagi merasakan rugi terlalu banyak.

"Semua produk (investasi) pasti ada kurangnya. Yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Yang terbaik buat saya, belum tentu terbaik untuk Anda. Itulah makanya ada profil risiko," imbuhnya.

Eko menambahkan, dia mendorong masyarakat untuk melihat sebanyak-banyaknya kelebihan masing-masing produk investasi. Pasalnya, risiko pasti ada. Namun, ada pula cara meminimalisir risiko tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com