Telkom Akuisisi 75 Persen Saham Contact Centres Australia

Kompas.com - 29/09/2014, 07:34 WIB
Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Telkom.co.idTelekomunikasi Indonesia (Telkom)
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) semakin gencar berekspansi ke luar negeri. Teranyar, Telkom mengakuisisi mayoritas kepemilikan saham Contact Centres Australia sebesar 11 juta dollar Australia atau senilai Rp 116,028 miliar (1 dollar Aus= Rp 10.548).

"Telkom masuk sebagai pemegang 75 persen saham ke Contact Centres Australia melalui Telin Australia (Telekomunikasi Indonesia International Pty Ltd Australia)," kata Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo kepada KONTAN, Minggu (28/9/2014). Nilai ini telah disepakati pada 25 September 2014.

Masuknya Telkom ke Contact Centres Australia sekaligus ikhtiar Telkom menggarap pasar di New Zealand. Pasalnya, Contact Centres Australia yang menyediakan Business Process Outsourcing (BPO) juga beroperasi di New Zealand.

"Direncanakan Contact Centres Australia juga bisa sinergi dengan Infomedia, anak usaha kami di bisnis contact center dan jasa BPO," tambahnya.

Namun, Indra bilang bentuk sinergi ini masih dibicarakan lebih lanjut. Hal terpenting, masuknya Telkom ke Contact Centres Australia telah menambah deretan portofolio ekspansinya di luar negeri yang mencakup Singapura, Hongkong, Macau, Timor Leste, Australia, Myanmar, Malaysia, Saudi Arabia dan USA.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (26/9/2014), Contact Centres Australia adalah perusahaan tertutup yang didirikan oleh Ben Crabbe, Sue Crabbe dan Peter Thomson sejak 2002. Sebagai salah satu perusahaan pemimpin di jasa BPO, perusahaan ini mempekerjakan 600 staf dan punya banyak mitra bisnis seperti Colgate, Rio Tinto, Pfizer Australia dan Yellow Brick Road.

Sementara itu, PT Infomedia Nusantara (Infomedia) adalah anak usaha Telkom yang bergerak di bidang jasa data dan informasi telekomunikasi juga informasi termasuk call center. Berdasar laporan keuangan Telkom semester satu 2014, pendapatan dari bisnis call center sebesar Rp 221 miliar tumbuh 46,35 persen secara year on year (yoy) dari Rp 151 miliar. (Merlinda Riska)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X