Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Beli Aset Migas di Malaysia

Kompas.com - 01/10/2014, 07:30 WIB

EL DORADO, KOMPAS.com - Pertamina menjadi pemenang pembelian 30 persen aset minyak dan gas di Malaysia milik Murphy Oil Corp. Reuters memberitakan, transaksi pembeliannya mencapai 2 miliar dollar AS.

Perusahaan migas pelat merah milik Indonesia tersebut membeli aset Murphy lewat PT Pertamina Malaysia Eksplorasi dan Produksi. Murphy melepas sebagian kepemilikannya lantaran ingin mengurangi bisnis internasional dan fokus pada usaha di kampung halamannya, AS.

Dalam rilis resminya, Murphy bilang, transaksi ini tengah menanti izin dari Petronas, perusahaan migas milik pemerintah Malaysia.

"Transaksi ini memungkinkan kami melanjutkan beberapa hal lain seperti meningkatkan modal pengeboran di Eagle Ford Shale, akuisisi, pengurangan utang, dan pembelian kembali saham," kata Roger Jenkins CEO Murphy dalam pernyataan resminya, Selasa (30/9/2014).

Reuters sebelumnya melaporkan, Murphy yang tertarik melebarkan sayap ke Indonesia, Vietnam, Brunei dan Australia, mencari pembeli untuk asetnya di Malaysia. Aset ini dikabarkan ditawar juga oleh perusahaan migas pelat merah Vietnam Petrovietnam, Mitsubishi Corp, sampai perusahaan migas India.

Saham Murphy hari ini sempat melompat 2,1 persen di bursa New York ke 58,21 dollar AS. Sepanjang tahun ini, saham Murphy melemah 12 persen. (Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com