Ekspor Mobil dari Indonesia ke Timur Tengah Naik Tajam

Kompas.com - 01/10/2014, 16:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Ekspor kendaraan dan suku cadangnya naik 28,54 persen pada Agustus 2014, dibanding bulan lalu. Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, tujuan ekspor terbesar kendaraan dan bagian-bagiannya adalah negara-negara di Timur Tengah.

“Terutama Inova dan Fortuner ke Timur Tengah. Itu yang agak banyak ke Timur Tengah,” kata dia di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Selain Timur Tengah, Sasmito bilang pasar tujuan ekspor kendaraan dan bagian-bagiannya adalah negara-negara ASEAN. Beberapa diantaranya sebut dia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. “Brunei juga walaupun kecil. Tapi paling banyak ke Timur Tengah,” ujar dia.

BPS mencatat peningkatan terbesar ekspor nonmigas Agustus 2014 terhadap Juli 2014 terjadi pada kendaraan dan bagian-bagiannya sebesar 106,4 juta dollar AS, atau 28,54 persen.

Pada Juli 2014, ekspor kendaraan dan bagian-bagiannya mencapai 372,7 juta dollar AS, sementara pada Agustus 2014 ekspor kendaraan dan bagian-bagiannya mencapai 479,1 juta dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X