Parlemen Dikuasai KMP, Investor Khawatirkan Kondisi Politik

Kompas.com - 02/10/2014, 12:59 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikuasainya kursi pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI oleh partai Koalisi Merah Putih (KMP) ditengarai menjadi faktor pendorong terbenamnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal sesi perdagangan Kamis.

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menuturkan, pada dasarnya investor cenderung tidak suka adanya konflik. Terpilihnya lima politisi dari KMP selaku pemimpin DPR RI ditakutkan berpotensi menyebabkan ketidakpastian dari kebijakan yang diambil pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Ada kekhawatiran politik ini tidak smooth," kata dia dihubungi Kompas.com, Kamis (2/10/2014).

Kondisi domestik ini, kata Lana, yang membuat pasar menjadi khawatir, di samping ada pengaruh dari global. Terlihat bursa Amerika Serikat dan Uni Eropa juga drop. Bursa se-Asia pun juga ikut-ikutan anjlok.

"Semalam tidak ada hiruk-pikuk DPR pun IHSG kita juga akan turun. Tapi ada memang tambahan dari dalam negeri," kata Lana.

Lebih lanjut dia bilang, faktor dalam negeri memperburuk kondisi pasar yang berpeluang turun akibat faktor global, utamanya dari Uni Eropa. "Kalau di global ada perbaikan, IHSG akan terkoreksi, tapi akan lebih baik lagi jika ada kepastian dari domestik. Hari ini memang kombinasi yang cukup baik dari dalam dan luar," tukas Lana.

Sebagai informasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung terjerembab di bawah level 5.100 pada awal perdagangan Kamis (2/10/2014) pagi. IHSG dibuka turun 33,8 poin ke posisi 5.107,11. Hingga sekitar pukul 09.15 wib, indeks terus melorot hingga 53,61 poin atau sebesar 1,04 persen menjadi 5.087,3.

Analis menyebut, investor khawatir akan adanya disharmoni antara presiden dan DPR seiring dengan dikuasainya seluruh kursi pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) oleh Koalisi Merah Putih (KMP).

Kelima pimpinan DPR itu adalah: Ketua DPR dari Fraksi Golkar Setya Novianto, dan empat wakil ketua, yaitu Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, Agus Hermanto dari Fraksi Demokrat, Fahri Hamzah dari Fraksi PKS, serta Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.