Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Klaim Industri Tekstil Jabar Mampu Bertahan di Tengah Persaingan

Kompas.com - 07/10/2014, 14:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar optimistis industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Jawa Barat mampu bersaing di tengah persaingan di pasar bebas kawasan regional ASEAN nanti.

“Kenyataannya, investasi untuk garmen dan tekstil semakin bertambah, sehingga ada harapan ke depannya semakin baik. Enggak mungkin investor mau gambling,” kata Dedi ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Dedi menyebut, sepanjang satu tahun terakhir, investasi yang masuk untuk sektor ini meningkat 15 persen. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenaikannya, di antaranya adalah ketersediaan sumber daya alam, seperti air. Adapun faktor kedua adalah melimpahnya sumber daya manusia produktif di Jawa Barat.

Sebagai provinsi dengan penduduk paling banyak, menurut data Bappenas, Jawa Barat menyediakan banyak tenaga kerja untuk sektor industri ini. “Ketiga, infrastrukturnya memadai. Tidak ada satu provinsi pun di Indonesia ini yang punya jalan tol begitu banyak, seperti Jawa Barat,” kata Dedi.

Ditanya soal bunga bank yang masih tinggi dan berpotensi memberatkan pelaku industri TPT skala menengah kecil, Dedi mengaku sejauh ini beluma ada keluhan dari para UKM. Dia yakin pelaku industri di Jawa Barat mampu bersaing di ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com