Terjadi Kecelakaan, Freeport DIlarang Jalankan Aktivitas Tambang

Kompas.com - 07/10/2014, 20:04 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) belum memperbolehkan PT Freeport Indonesia melakukan aktivitas penambangan secara penuh di area Grasberg. Hal tersebut berkaitan dengan rekomendasi Kementerian ESDM mengenai kecelakaan yang menewaskan 4 orang pekerja Freeport.

"Aktivitas penambangan secara penuh diarea Grasberg dapat dilakukan kembali setelah poin 5 diselesaikan dan dilaporkan kepada Kepala Inspektur Tamban," ujar Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM Bambang Susigit di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Ditjen Mineral dan Batubara, Bambang menyampaikan enam rekomendasi yang diberkan oleh tim inspektur tambang. Pertama, menyosialisasikan kembali prosedur pengoperasian standar (PPS).

Kedua, memastikan komunikasi antar unit mobile equipment dapat berjalan dengan baik. Dia melanjutkan, rekomendasi ketiga, Freeport harus meningkatkan koordinasi antara pengawas dan operator dan melaksanakan tugas.

Keempat, Kementerian ESDM meminta Freeport untuk membuat SOP proses pembuatan fasilitas atau infrastruktur yang terkait dengan pengaturan lalu lintas.

"Rekomendasi kami kelima, Freeport harus melakukan indentifikasi bahasa, penilaian dan pengendalian risiko terhadap tempat parkir dan jalan tambang aktif di seluruh area Grasberg dan lakukan perbaikan traffic management," kata Bambang.

Sementara itu, rekomendasi keenam yaitu mengenai keharusan Freeport menyelesaikan poin kelima dan untuk sementara aktivitas di area Grasberg diberhentikan sementara.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X