Trade Expo, Ajang Kesiapan Indonesia di Pasar Bebas ASEAN

Kompas.com - 08/10/2014, 10:48 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perdagangan RI kembali menggelar Trade Expo ke-29, di JIExpo, Jakarta, dibuka pada Rabu (8/10/2014).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak menuturkan, pameran dagang terbesar kali ini mengambil tema "Toward Green Business" yang lebih mengutamakan aspek lingkungan.

Ajang ini, sebut Nus, merupakan sarana promosi produsen Indonesia atas produk dan jasa unggulan. Selain itu pameran ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia siap bertarung di kancah regional.

"Dalam TEI ini produsen nasional diberikan kesempatan menampilkan produk terbaik ke buyers internasional dan dalam rangka menunjukkan kesiapan Indonesia dalam perdagangan bebas ASEAN," kata Nus, dalam pembukaan Trade Expo Ke-29, Jakarta, Rabu.

TEI Ke-29 ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Perdagangan, dan Kemenlu, Kemenperin, Kementan, KemenBUMN, Kemenkop-UKM, KKP, BKPM, dan mitra lain. Nus menuturkan, tingkat okupasi dalam pameran dagang tahun ini sebesar 98 persen dari target penggunaan lahan, serta menampilkan potensi produk unggulan. "Ada 14.220 buyers dari 102 negara," kata Nus.

Diharapkan, TEI ini dapat mendorong pertumbuhan ekspor nonmigas. Dalam kesempatan ini, diberikan pula penghargaan Primaniyarta kepada 15 eksportir, dan penghargaan Primaduta kepada 6 importir.

Tahun lalu Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan Primaniyarta kepada 39 eksportir. Adapun penghargaan Primaduta ini adalah penghargaan baru, yang baru ada tahun ini. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada para importir luar yang konsisten membeli produk dan jasa Indonesia, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

"Penghargaan Primaduta ini diharapkan menjadi stimulan agar eksportir Indonesia bekerja lebih dan memberikan apresiasi pada importir luar," imbuh Nus.

Selain memamerkan produk unggulan, agenda TEI juga diramaikan dengan pelepasan ekspor secara simbolis, produk PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dengan tujuan pasar Bahrain, Kuwait, Qatar, UEA, dan India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.