Investor Asing Ketakutan KMP Menguasai Parlemen

Kompas.com - 08/10/2014, 12:41 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (Apemindo) Poltak Sitanggang melihat pada awal Jokowi-JK berhasil memenangkan pemilihan presiden, investor asing menunjukan sentimen positif. Namun seiring rancangan UU Pilkada, Ketua DPR, dan Ketua MPR, investor asing menjadi ketakutan akibat Koalisi Merah Putih menguasai parmelemen.

"Investor asing semula percaya bahwa iklim usaha di Indonesia, tapi jadi berubah drastis saat dikuasai oleh Koalisi Merah Putih," ujar Poltak, di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Keinginan Jokowi-JK membangun Indonesia yang berdaulat di bidang energi dengan industrialisasi dan hilirisasi di sektor pertambangan menjadi terhambat. Pasalnya 95 persen investor asing banyak yang mundur datang ke Indonesia.

"Mereka khawatir datang ke Indonesia, bukan takut lagi berinvestasi," ungkap Poltak.

Dari data Apemindo, sejak ada kekisruhan politik di DPR, rupiah semakin melemah dari Rp 11.900 hingga pernah menyentuh Rp 12.250. Selain itu untuk Index Harga Saham Gabungan (IHSG) menjadi merah di level 5200 poin menjadi 4900 poin saat ini.

"Sekarang pemerintah harus lebih peduli, punya sensitifitas krisis, karena banyak investor asing mengangkat kaki, menunda di sektor pertambangan," papar Poltak. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.