Jokowi: Kalau Ingin Menyerang Luar Negeri, Adakan Pameran di Sana

Kompas.com - 08/10/2014, 13:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo menegaskan diplomasi ke depan tidak hanya berupa diplomasi politik saja, melainkan diplomasi perdagangan. Pagi ini, pria yang akrab disapa Jokowi itu menyempatkan diri menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia ke-29, dihelat di JIExpo, Jakarta, dibuka Rabu (8/10/2014).

Jokowi kepada wartawan, usai berkeliling di stand expo mengatakan, apa yang dia lihat dalam TEI ke-29 menunjukkan Indonesia sebenarnya punya banyak produk potensial.

Oleh karenanya, produk yang diperdagangkan dan diekspor ke depan harus berkurang dari meterial raw, menjadi barang setengah jadi bahkan barang jadi.

Jokowi yang juga seorang pengusaha meubel memberikan sekelumit evaluasi atas penyelenggaraan expo terbesar yang mengambil tema "Towards Green Business" ini.

"Perlu dibesarkan, baik jumlah stand, yang ikut, dan buyers. Ini expo yang paling gede. Kalau kita mau menyerang sana (luar), kita harus adakan pameran di sana," tutur Jokowi.

TEI ke-29 dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi. Jumlah buyers dalam expo kali ini meningkat dari tahun sebelumnya, menjadi 14.000 buyers.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, menyatakan, pada TEI ke-28, Oktober 2013, nilai produk yang diekspor mencapai 660 juta dollar AS. Tahun ini Kementerian Perdagangan menargetkan peningkatan 10 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.